Boy Band K-Pop Yang Menulis Lagu-nya Sendiri

by 21.32 0 komentar




Di dunia Kpop kita bisa menemukan artis-artis yang multitalent. Membicarakan tentang idol yang menulis lagu nya sendiri pikiran saya langsung menuju G-Dragon.
Siapa yang tak kenal dengan rapper dari Boyband Big Bang ini? Idol yang bisa melakukan segala hal dan sangat berjiwa seni ini memang sudah di didik sejak menjadi trainee YG untuk menulis sebuah lagu satu kali seminggu.
Jadi , bagi G-Dragon menulis lagu itu adalah sesuatu yang biasa . ya , sulit diawal dan bisa karena terbiasa
Lalu boyband mana saja sih yang menulis lagunya sendiri?

1.Big Bang
Image result for bigbang kpop

Boyband bentukan YG Entertainment ini debut secara resmi pada 19 Agustus 2006 dengan 5 orang anggota yakni G-Dragon , T.O.P , Taeyang , Daesung dan Seungri . salah satu membernya yakni G-Dragon sudah terkenal sebagai penulis handal bahkan hampir semua lagu BigBang tidak lepas dari ikut andilnya.
Menurut GD yang membedakan mereka (BigBang) dengan boy band lainnya adalah karena mereka menulis lagunya sendiri , menarik publik dan publik menyukai lagu-lagu mereka.

Saking sering nya bikin lagu , G-Dragon itu kadang suka ragu alias gak percaya diri kalau bawain lagu yang diciptain orang lain /mungkin serasa bukan dia banget kkk~/
Dalam sebuah wawancara G-Dragon menyatakan bagaimana ia mendapatkan insprasi dalam menulis lagu. G-Dragon menyatakan bahwa dirinya selalu bisa menemukan musik baru untuk di eksplorasi dalam setiap album.

Tak salah memang jika G-Dragon menyandang sebagai komponis utama , Produser serta penulis dari lagu Big Bang. Korea Times menjulukinya sebagai “Musisi Jenius” dan pada tahun 2008 G-Dragon menjadi penerima penghargaan termuda untuk “The 10 Greates Korean Composers” karena pada saat itu usianya masih 20 tahun . / so Pround/
Dan ternyata Taeyang juga suka nulis lagu wahwahwah .... 

2. Highlight 
Image result for highlight kpop

Highlight itu dulunya dikenal sebagai BEAST sebelum memutuskan untuk pidah agensi. Dan siapakah sijenius dari Highlight yang kini beranggotakan 5 orang yakni Doojoon , Junhyung , Yoseob , Gikwang dan Dongwoon. 

Yap , dia adalah junhyung lead rapper kita yang hobby nya emang nulis lirik lagu. Orang yang merasa kalau suaranya seksi ini termasuk kedalam salah satu 20 artis terkaya . hmm , mungkin karena royalti yang a dapet dari nulis lagu.
Jadi kalau kalian mau kaya . nulis lagu! Kkk~ gak bisa dipungkiri sih . emang iya hehe . menurut berita Junhyung ini menciptakan semua lagu dialbum Lights go on Again kecuali beautiful .

Aku suka lagu-lagu Beast dan sampe mereka ganti nama jadi Highlight aku masih suka dengerin lagu mereka. Pokoknya hampir disetiap album pasti ada aja lagu yang diciptain oleh Junhyung.

3.BlockB
Image result for block b kpop

Grup yang dibentuk oleh Cho PD pada tahun 2011 ini terdiri tari 7 anggota , yakni Taeil , B-Bomb, Jaehyo , U-kwon , Park Kyung , Zico dan P.O.
Kalau ngeliat Zico , aku selalu ingat G-Dragon . yes , mungkin karena sama-sama Rapper dan suka nulis lagu kkk~

Zico ini selalu membawa kesan bahwa ia bukanlah sekedar idola. Ya , nulis lagu , komposer . bahkan aku sempet berpikir kalau dia itu the next GD . but , lupakan ini hanya opini ku.
Zico menjadi rapper underground sebelum debut. Gaya rapp nya bener-bener cool , dan ia memiliki kharisma dan kepercayaan diri yang tidak banyak idol k-pop lain miliki. /pantas aku melihatnya berbeda waks/

4.CN Blue
Image result for cn blue kpop

CN Blue atau yang lebih dikenal dengan Code Name Blue adalah band indie rock yang terdiri dari Jung Yong Hwa (vokal utama,gitar ritme) , Lee Jong Hyun (pemimpin gitar,vokal) , Lee Jung Shin (gitar bass,vokal) dan Kang Min Hyuk (drum,vokal).
Dan siapakah orangnya?? Jawabannya adalah Jung Yong Hwa . baginya menulis lagu itu seperti membesarkan seorang anak . hmm , mungkin karena butuh kesabaran , kerja keras dan ketulusan kali yah . /eaakk/

Yong hwa ini akan merasa sangat bangga kalau pendengar menikmati lagunya yang ia tulis . /bangga dan sombong berbeda yah . ingat/

5. SHINee
Image result for shinee kpop

Grup yang dibentuk SM Entertainment ini sepertinya bangga memiliki Jonghyun yang sukses menjadi co-writer penulis lirik buat shinee . dan ia pun kini menjadi seorang produser , ia menulis beberapa lagu milik Shinee dan juga grup kpop lain.

Tapi menurutnya ia enggan /mungkin agak ragu/ buat nulis lagu buat Shinee , karena menurut Jonghyun “Dari pada memiliki hanya satu anggota yang menulis lagu, warna dan karakter shinee akan lebih baik jika diciptakan  oleh seorang komposer yang mampu mengartikannya sebagai kelompok”

Ya , saat ia kecil Jonghyun memang bermimpi menjadi seorang komposer bukan seorang penyanyi atau penulis . tapi karena sekarang ia sudah menjadi seorang penulis dan penyanyi jadi sekarang mimpinya adalah jadi seorang komposer.

6.JYJ
Related image

JYJ adalah singkatan dari Junsu/Jejung/Yuchun yang ketiga anggotanya adalah mantan anggota boygrup TVXQ.
Junsu itu kenal baik sama Zico dan Junhyung . hmmm , sama-sama penulis. Pinter dan ganteng-ganteng . 

7.B1A4
Image result for b1a4 kpop

Awalnya aku rada aneh denger nama boyband ini dan sempet bingung gimana cara baca nya sampe akhirnya aku dapat penerangan /oh, mungkin harus pake bahasa inggris/
Yeahhh , boy band dengan 5 anggota dengan 1 anggota berdarah B dan 4 anggota berdarah A maka jadilah B1A4 . betapa bangga nya aku saat mengetahui asal-usul nama mereka /-_-/

Salah satu anggotanya Jinyoung /sitampan yang memikat hatiku lewat drama/ yang memiliki golongan darah A ini disebut-sebut sebagai monster dalam membuat lirik lagu /mungkin saking singkat dan bagus hasil karyanya/
Jadi awalnya dia itu suka mengaransemen lagu melalui sebuah aplikasi buat berseanng-senang /gaya bersenang-senangnya highcalss ye/ jadilah bakatnya berkembang secara alami . muehehehe

Setelah lagu pertamayang ia ciptakan masuk kedalam album B1A4 ia semakin berkembang dan menulis lagu buat idol lain , gak hanya memproduseri lagu buat grupnya sendiri.

8. BTS
Image result for bts billboard

Yeahhh , inilah yang aku tunggu-tunggu . well , aku suka banget kalau ngebahas mereka . boy band yang lagi naek daun ini emang berbeda . 3 orang diantara 7 anggota BTS adalah kunci dari lagu-lagu mereka . 

Yap , ketiga-tiga nya adalah rapper yakni Rap Monster , Suga , dan J-Hope .
Menurut RM ketika mereka sedang didalam hotel ia akan mengambil semua peralatan produksinya. Dan membuka laptop buat nulis lagu . tak diragukan lagu RM memang masuk kedalam jajaran Leader yang jenius dengan IQ nya yang melebihi rata-rata membuatnya mudah melakukan segala hal . ya. Walau katanya dia itu payah banget dalam Dance , tapi selama ini BTS selalu menampilkan dance yang apik.
Kata RM setelah ia menulis lagu ia bakal ngasih liat hasik karya nya ke P.Dogg kalau menurut P.Dogg itu bagus ya bakal dimasukin ke album dan kalau ditolak ya bakal dimasukin ke Mixtape nya

Dan Suga ia menulis dan memproduseri sendiri Mixtape nya AgusTD . suga memang selalu senang dalam hal seperti itu . dia juga memproduseri  lagu let me know.
Well, ngomong-ngomong soal Mixtape . mungkin kita tinggal nunggu Mixtape dari J-Hope . dan Jhope lagi mengerjakannya karena inspirasinya itu tergantung pada mood nya sehari-hari. Terkadang ia bisa membuat melodi yang kuat, terkadang juga melodi yang lembut . dan karena itu adalah Mixtape , Jhope akan mencoba untuk bereksperimen dengan genre yang berbeda . /hmm kita doakan saja ya/

Dan lagi di Album WINGS menurut berita, masing-masing member ikut andil entah dalam penulisan atau komposer (menurut Rapmonster saat siaran Vlive)
Dan untung album terbaru mereka dengan lagu utama nya Spring Day ternyata itu punya dua versi . yang pertama punya RM yang kedua punya V . alkisah V ngasih tunjuk ke RM mungkin karena kurang srek jadi punya RM lah yang dipake /poor V/

9.iKon
Image result for ikon

Salah satu anggota nya yakni B.I sang leader memiliki keahlian Composing lagu , nulis lirik , beat-box , rapping , dan koreografer tarian. Yeahh the next GD di YG.
B.I bersama member lainnya Bobby ternyata menulis lagu debut winner yang berjudul ‘Empty’ dan mengkomposing nya bersama Mino Winner.

B.I ini sangat aktif saat ia menjadi Trainee dalam hal menulis lagu buat nanti debutnya dengan iKon . jadi kek nya iKon gak bakal kehabisan stok lagu self-composed karena B.I menulis bagitu banyak lagu untuk mereka nantinya.

B.I juga mengaku kalau dia itu jago nulis lagu yang melo dan menyentuh , diakuinya sendiri saat di M&M .
Jadi , semua lagu iKon baik lirik maupun composing nya adalah buatan B.I selain juga bersama Bobbi dalam hal lirik.

10. Super Junior
Image result for super junior

SJ juga punya loh member yang jago nulis lagu . Just like now adalah lagu pertama yang diciptakan Donghae . lagu ini merupakan soundtrack dari K-Drama Its Okay , Daddys Daughter dimana ia juga bermain dalam drama itu.
Donghae menulis lagu bersama sahabat dekatnya Eunhyuk . Donghae juga menulis lirik untuk albumnya bersama eunhyuk. Dia juga menulis lagu bersama lee teuk dengan judul ‘Only U’ khusus dibuat sebagai ucapan terimakasih pada ELF . /sweet emm/

Jadi , apakah diantara kalian ada yang terinspirasi?



Huddami

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar