Boy Grup Korea Selatan Yang Di Anggap Tidak Akan Sukses

by 14.48 0 komentar




   EXO


EXO (Hangul엑소) adalah grup penyanyi pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011, grup ini debut pada tahun 2012 dengan 12 anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, di mana masing-masing sub-grup tersebut menyanyikan lagu dalam bahasa Korea dan Mandarin. EXO meraih puncak kepopuleran dengan dirilisnya album pertama mereka, XOXO (2013), yang menelurkan singel hit "Growl". XOXO sukses baik secara kritikal maupun komersial, serta berhasil memenangkan penghargaan 'Disk Daesang' di Golden Disk Awards ke-28 dan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards ke-15. Album ini terjual lebih dari satu juta kopi, menjadikan EXO sebagai musisi Korea dengan penjualan terbanyak dalam kurun waktu 12 tahun terakhir. Dengan penjualan album studio dan album mini berikutnya yang sangat laris, EXO dinobatkan sebagai selebriti paling berpengaruh oleh Forbes Korea untuk tahun 2014[2] dan 2015. Awak media menyebut mereka sebagai "boyband terbaik di dunia" dengan mengatakan bahwa "EXO berada di posisi terdepan dominasi pop, dengan koreografi tajam dan gesit yang diperkuat dengan lagu yang dibuat oleh beberapa penulis dan produser paling berbakat di dunia, serta diasah oleh segudang kepribadian dan bakat mereka."
Pada Mei 2014, Kris melayangkan gugatan kepada S.M. Entertainment untuk mengakhiri kontraknya dengan agensi tersebut. Luhan menyusul mengirim gugatan pada Oktober 2014 dengan tujuan yang sama. Pada April 2015, Tao mengakhiri kegiatannya bersama EXO dan melempar gugatan terhadap S.M. Entertainment pada Agustus 2015. Menyusul hengkangnya tiga anggota tersebut, EXO kini aktif dengan sembilan anggota. Pada Juli 2016, diumumkan bahwa masalah gugatan pemutusan kontrak antara Kris dan Luhan dengan SM Entertainment sudah resmi berakhir dengan kesepakatan kontrak keduanya dengan SM masih tetap berlaku hingga tahun 2022.
Pada 5 Oktober 2016, S.M. Entertainment mengumumkan sub-unit pertama dari EXO yang terdiri dari tiga anggota, yakni Chen, Baekhyun dan Xiumin. Mereka sebelumnya telah merilis singel "For You" sebagai bagian dari soundtrack untuk drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Pada 23 Oktober, mereka menampilkan "For You" di Busan One Asia Festival yang menjadi panggung pertama mereka sebagai sub-unit.
Pada 24 Oktober, S.M. Entertainment kembali mengumumkan bahwa sub-unit akan bernama EXO-CBX (singkatan dari ChenBaekXiu). Album mini pertama mereka, Hey Mama!, dirilis pada 31 Oktober disertai sebuah video musik untuk singel utama.

Apa rahasia kesuksesan EXO?

Kesuksesan EXO menjadi sebuah pertanyaan besar bagi semua kalangan penggemar K-Pop. Grup yang baru debut selama kurang dari dua tahun ini telah menjadi salah satu nama yang membesarkan K-pop. Seperti yang terungkap dalam hasil survey yang dibuat oleh salah satu media terpercaya di Korea. EXO mendapatkan urutan ke-5 sebagai brand yang berpengaruh dalam industri K-Pop. Sementara diurutan pertama terdapat SM Entertainment, YG Entertainment, kemudian Melon dan G-Dragon.
Kira-kira apa rahasia dibalik kesuksesan EXO ini?

Pertama, sebuah kesuksesan dari suatu grup dapat dilihat dari hasil penjualan album. Saat ini, untuk penjualan album, EXO bahkan telah mengalahkan senior-seniornya seperti TVXQ atau Super Junior. Hanya dalam kurang dari 2 Tahun, EXO telah mampu menjual hingga 1,3 Juta album. Sebuah angka yang fantastis untuk sebuah grup rookie.

Kedua, EXO merupakan sebuah produk SM Entertainment yang paling sempurna. SM Entertainment telah melakukan berbagai riset dari grup-grup yang telah mereka debutkan sebelumnya, sebut saja TVXQ, Super Junior, Girls' Generation, f(x) dan SHINee. Setelah mendebutkan banyak grup, SM Entertainment akhirnya bisa membaca selera pasar. Hal ini lah yang membuat EXO menjadi sebuah produk sempurna yang memenuhi semua kriteria yang diinginkan penikmat musik K-pop.

Ketiga, lagu-lagu EXO menggunakan genre Pop yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Genre Pop merupakan sebuah genre yang memiliki peminat yang paling besar. Lagu-lagu EXO terpopuler, sebut saja Growl merupakan salah satu lagu yang diciptakan oleh Shin Hyuk yang juga pernah membuatkan lagu untuk penyanyi Pop terpopuler, Justin Bieber. Hal ini menjadi salah satu faktor kesuksesan EXO.

Keempat, EXO memiliki konsep yang unik. Jika anda perhatikan dari awal debut mereka, maka anda bisa melihat konsep-konsep unik yang digunakan oleh EXO. Pada awal debut, EXO menggunakan konsep mahluk asing yang turun ke bumi. Comeback selanjutnya, EXO menggunakan konsep dance animal dengan lagunya 'Wolf'. Tidak hanya itu, EXO juga menggunakan lambang yang unik untuk setiap anggota. Ke-12 anggota juga memiliki kekuatan fiksi yang dimiliki masing-masing, dan masih banyak lagi. Hal ini lah yang membuat EXO memiliki daya tarik tersendiri.

Kelima, anggota EXO memiliki skill yang mumpuni. Melalui training panjang di SM Entertainment, tentunya anggota EXO memiliki skill masing-masing yang telah digali selama kurang lebih 5 tahun masa training. Skill ini meliputi kemampuan vokal, rap, dance dan bahkan salah satu anggota, sebut saja Tao EXO-M memiliki kemampuan khusus dalam seni bela diri. Tentu saja ini menjadi faktor yang berpengaruh dalam kepopuleran EXO.

Keenam, EXO memiliki anggota yang tampan. Tak dapat dipungkiri, ini merupakan salah satu faktor besar yang mempengaruhi kesuksesan EXO. Seperti yang kita ketahui, SM Entertainment memang selalu menghadirkan artis-artis yang good-looking. Para penggemar wanita pastinya juga tidak akan memungkiri bahwa setiap anggota EXO memang begitu tampan.

Itulah ke-6 faktor yang mempengaruhi kesuksesan EXO. Wajar saja jika saat ini, EXO menjadi salah satu idol yang paling berpengaruh dalam perkembangan Hallyu Wave.

Netizen menganggap EXO sebagai produk gagal SM Entertainment dengan lagu debut ‘MAMA’ namun ternyata EXO mendapatkan popularitas yang sangat tinggi terlebih ketika merilis lagu ‘GROWL’ . Netizen menganggap EXO tidak akan populer karena lagu debutnya yang dianggap Konyol karena memiliki konsep Super Power

EXO dan EXO-L (sebutan untuk fans EXO) memiliki motto ‘WE ARE ONE’



2.  BTS


Bangtan Boys (Hangul방탄소년단; RRBangtan Sonyeondan; bahasa Inggris: Bulletproof Boy Scouts) atau dikenal juga sebagai BTS adalah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh label rekaman Big Hit Entertainment. Grup ini beranggotakan tujuh orang, yakni Rap Monster, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook. Mereka debut pada 13 Juni 2013 dengan singel "No More Dream" dari album pertama mereka, 2 Cool 4 Skool.
BTS telah memenangkan beberapa penghargaan dalam kategori 'New Artist of the Year', termasuk MelOn Music Awards 2013, Golden Disk Awards 2013 dan Seoul Music Awards 2014. Setahun setelah debut, mereka menerima penghargaan bonsang untuk Dark & Wild dan The Most Beautiful Moment In Life, Part 1. Dikenal akan basis penggemar internasional yang besar dan telah tampil di Asia, Amerika Utara dan Amerika Selatan, penampilan gemilang mereka tersebut sukses menyabet penghargaan 'Best World Performer' di Mnet Asian Music Awards 2015. Popularitas BTS semakin menanjak sejak merilis trilogi Most Beautiful Moment in Life dengan The Most Beautiful Moment In Life, Part 2 dan The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever berhasil debut di tangga album Billboard 200.[2] The Most Beautiful Moment In Life, Part 2 juga mampu menduduki posisi teratas Billboard World Albums Chart selama beberapa minggu dan mengantarkan BTS sebagai musisi Korea pertama yang berhasil meraih pencapaian tersebut.
BTS menerima banyak sanjungan atas keaktifan mereka di media sosial dan dinobatkan oleh Forbes sebagai artis dengan jumlah retweet terbanyak di Twitter pada Maret 2016. Menyusul hal ini, Twitter meluncurkan emoji kepada BTS untuk durasi satu bulan. Kemunculan emoji ini membawa BTS sebagai grup K-Pop pertama yang memiliki emoji sendiri


Rahasia Sukses BTS

1. Kekuatan Fans Sesaat setelah memenangkan penghargaan di 5th Gaon Chart K-Pop Awards, Bangtan Boys langsung melakukan wawancara dengan media lokal terkait kemenangannya pada malam 17 Februari lalu.  “Kami rasa penghargaan ini diberikan kepada kami bukan hanya dari fans di Korea saja, tapi juga dari fans di seluruh dunia. Kami akan menemui semua fans kami dengan penampilan yang lebih baik di masa yang akan datang”  
2. Tampilkan Dengan Lebih Nyata Setiap grup pasti memiliki kekuatan masing-masing, termasuk dalam bidang musik. Dalam hal ini, Bangtan Boys mengakui bahwa salah satu kunci kesuksesan mereka adalah dari musik yang mereka bawakan. “kami rasa kekuatan terbesar kami adalah bagaimana kami bisa mengekspresikan sesiatu dengan lebih nyata melalui musik kami. Fans akan merasa lebih dekat dengan musik kami jika ini bisa memberikan kenyamanan emosi –pada mereka. Itulah mengapa kami ingin membuat fans puas melalui musik yang kami sajikan.”  
3. Tetap Merasa Muda Bangtan Boys tampaknya menyakini jika jiwa muda akan memacu untuk menghasilkan banyak karya yang lebih segar dan spektakuler. Itulah yang mereka pikirkan ketika ditanya tentang rencana mereka di tahun 2016 ini. “Kami belum memikirkan apapun. Namun, kami akan tetap menekankan diri sekali lagi bahwa kami masih muda. Maknae kami masih dibawah umur jika dilihat dari usia di luar negeri. Kami masih belum tua. Kami akan terus menjadi anak muda untuk tahun ini”
4. Persahabatan Rahasia terpenting kesuksesan Bangtan Boys ternyata ada dalam diri mereka sendiri. Dengan popularitas yang telah mencapai taraf global, hal yang harus mereka jaga adalah keutuhan grup dan ikatan persahabatan mereka. “Kami rasa pesona kami ada pada kekompakan tim dan persahabatan. Kami saling mencintai satu sama lain lebih dari sekedar sahabat. Kami rasa hubungan kami yang seperti kakak-adik sangat kuat. Kami pikir fans kami juga akan senang jika melihat kami bersama,”  
5. Penampilan yang Keren Sebagai idola, Bangtan Boys tentunya akan selalu berupaya bagaimana bisa untuk memuaskan para penggemar yang sudah mendukung mereka, salah satunya adalah dengan memberikan penampilan yang keren. “Kekuatan kami lainnya, selain musik, adalah pertunjukan yang keren. Ini sedikit memalukan jika diungkapkan dengan mulut kami sendiri.”  
 6. Kerja Tim Dengan kedekatan personal satu sama lain antar member, tentunya juga akan berdampak pada kerja tim mereka sebagai satu kesatuan. Sejak masih menjadi Trainee, para personel telah menghabiskan waktu bersama lebih dari tujuh tahun. Dengan waktu yang panjang tersebut, masing-masing personel Bangtan Boys dapat mengetahui apa yang dipikirkan oleh personel lain hanya dengan mendengar desahan napas mereka. “Kami sangat tahu bagian yang menjadi kelemahan masing-masing personel. Tentu saja tidak ada yang sempurna di antara kami. Karena saat kami tahu kekurangan satu sama lain maka kami akan semakin bekerja keras. Karena kami sudah tinggal bersama dalam waktu yang lama dan mengenal satu sama lain dengan sangat baik, kami sudah seperti saudara. Kami akan merasa bahagia jika bersama-sama.”
7. Pesona Masing-Masing Personel Dikenal secara grup saja memang tidak cukup. Itulah sebabnya, selain melakukan kegiatan promosi secara grup, masing-masing personel Bangtan Boys mencoba untuk memancarkan pesona mereka masing-masing dalam berbagai bidang seperti variety, akting, penyanyi solo atau menjadi komposer lagu. “Meskipun belum ada kepastiannya, kami berharap bisa menampilkan berbagai sisi dalam diri kami sendiri. Kami ingin tahun ini dipenuhi dengan berbagai kegiatan berbeda tergantung dengan kemampuan masing-masing personel. Kami tidak ingin terlalu ambisius dan akan bersinar secara perlahan. Kami selalu berterima kasih pada fans kami.” (AM)  

Saat memulai Debut Netizen menganggap bahwa nama Bangtan Boys itu konyol dan banyak yang menganggap kalau Bangtan Boys adalah saudara dari Boys Republik (padahal nama BTS kan keren) . banyak juga yang meragukan kepopuleran mereka karena BTS berasal dari agensi kecil sehingga Netizen menganggap BTS akan gagal tanpa dikenal sama sekali . ini membuat salah satu member Rap Monster menangis saat berpidato di MAMA 2016 saat memenangkan penghargaan Artist Of The Year.
BTS dan ARMY (sebutan untuk fans BTS) memiliki motto ‘TEAM WORK MAKES THE DREAM WORK’

Cr. Kpopchart , Wikipidea , Asiangrup












Huddami

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar